Thursday, January 3, 2013

Tips Kesiapan Anak Menjelang Masuk Sekolah Dasar

Tips Kesiapan Anak Menjelang Masuk Sekolah Dasar

Oleh Wijanarko Dwi Utomo (sumber kompasiana)

Peristiwa tahunan menjelang tahun ajaran baru selalu membuat hati para orang tua berdebar-debar, khususnya yang memiliki anak di masa transisi dari taman kanak-kanak ke sekolah dasar. Loket pendaftaran SD baru kami ketahui sudah dibuka sejak bulan Juli tahun lalu, atau sama dengan 1 tahun sebelum si anak mengenyam pendidikan di sekolah tersebut.

Proses yang kami lalu sebagai calon orang tua murid di sebuah sekolah dasar adalah membeli formulir pendaftaran, mengisinya dengan lengkap dan kemudian mengumpulkan kembali kepada pihak sekolah. Pada saat pengumpulan formulir ini sang anak akan melalui tahap evaluasi oleh para calon gurunya.

Pertanyaan yang bergejolak di hati para orang tua adalah, “anak saya bisa nggak ya?”; “anak saya lulus gak ya?”; dan sebagainya.

Kira-kira apa yang perlu diperhatikan oleh orang tua agar anaknya mampu lulus di fase evaluasi ini? Hasil ngobrol dengan seorang guru SD, anak-anak di sekolah dasar tuntutan yang paling utama adalah kesiapan dan kematangan untuk belajar.

Apa saja indikatornya perilakunya?

1. Anak sudah bisa berkomunikasi dengan orang lain (teman dan guru).
2. Anak mampu memahami instruksi yang diberikan oleh guru.
3. Anak mau duduk tenang di dalam kelas.
4. Anak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan dengan jelas.
5. Anak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah barunya.

Apakah kemampuan CaLisTung penting untuk dikuasai di awal? Menurut nara sumber kami, hal itu tidaklah penting. Hal yang paling penting adalah ke-5 indikator tadi, yang merupakan indikator kesiapan dan kematangan anak untuk belajar. Hasil pengamatan langsung beliau menyatakan bahwa anak yang sudah siap dan matang untuk belajar relatif mudah menguasai kemampuan baca, tulis dan hitung.

Semoga bermanfaat.

Salam!

0 comments: