Download Kisi-Kisi Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Bahasa Indonesia Tahun 2012
Mata Pelajaran : Bahasa IndonesiaJenjang : SMP/SMA
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
1. Mengungkapkan
secara
lisan wacana
nonsastra
1.1 Menggunakan wacana
lisan untuk wawancara
1.1.1 Disajikan penggalan teks wawancara, guru dapat menentukan
jenis pertanyaan yang cocok dengan kutipan.
1.1.2 Disajikan sebuah pertanyaan untuk wawancara, guru dapat
menentukan jawaban yang harus disampaikan narasumber
dengan benar
1.2 Menggunakan wacana
lisan untuk presentasi
laporan dan pidato
1.2.1 Disajikan penggalan pidato, guru dapat memilih kalimat yang
tidak sesuai dengan konteksnya.
1.2.2 Disajikan penggalan pidato, guru dapat menentukan jenis
komponen pidato yang sesuai dengan penggalan tersebut.
1.2.3 Disajikan sebuah konteks berpidato, guru dapat menentukan
kalimat pembuka/penutup pidato yang benar.
1.3 Menggunakan wacana
lisan untuk diskusi
1.3.1 Disajikan pernyataan yang disampaikan dalam diskusi, guru dapat
menentukan pernyataan persetujuan atau tidak persetujuan
yang tepat.
1.3.2 Disajikan sebuah konteks diskusi, guru dapat memilih komponen
diskusi yang seharusnya ada.
2. Mengungkapkan
wacana
tulis nonsastra
2.1 Menulis pesan singkat
dan surat
2.1.1 Disajikan konteks kebutuhan pembuatan surat dinas, guru dapat
menentukan pembuka surat yang tepat.
2.1.2 Disajikan konteks kebutuhan pembuatan surat dinas, guru dapat
menentukan penutup surat yang tepat.
2.1.3 Disajikan konteks pembuatan surat pribadi, guru dapat
menentukan isi surat pribadi yang santun.
2.1.4 Disajikan konteks kelembagaan pembuat surat, guru dapat
memilih penulisan kepala surat yang tepat.
2.1.5 Disajikan konteks kebutuhan menulis memo dari seorang pejabat,
guru dapat memilih kalimat isi memo yang tepat .
2.2 Menulis teks berita 2.2.1 Disajikan sebuah berita, guru dapat menentukan kelemahan
penulisan berita tersebut.
2.3 Menulis slogan,
poster, dan iklan baris
2.3.1 Disajikan sebuah slogan, guru dapat menentukan kelemahan
slogan tersebut.
2.4 Menulis karya ilmiah 2.4.1 Disajikan tema sebuah karangan, guru dapat menentukan
komponen isi karangan secara tepat.
2.4.2 Disajikan sebuah kutipan dari buku yang disertai dengan identitas
buku, guru dapat menentukan kutipan yang tepat.
2.4.3 Disajikan identitas tiga buku, guru dapat menuliskan daftar
pustaka secara tepat.
Kisi-Kisi Bahasa Indonesia
2
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
2.4.4 Disajikan sebuah konteks penulisan karya ilmiah, guru dapat
menentukan penulisan judul yang tepat.
2.4.5 Disajikan penggalan karya ilmiah, guru dapat menentukan
penggalan tersebut termasuk dalam komponen apa.
2.5 Menulis paragraf 2.5.1 Disajikan sebuah paragraf yang bagian awalnya dirumpangkan,
guru dapat memilih kalimat yang tepat mengawali paragraf.
2.5.2 Disajikan sebuah paragraf yang bagian akhirnya dirumpangkan,
guru dapat memilih kalimat yang tepat mengawali paragraf.
2.5.3 Disajikan sebuah paragraf, guru dapat menentukan paragraf lain
yang pola pengembangannya sama.
2.5.4 Disajikan sebuah paragraf yang penanda hubung antarkalimatnya
dihilangkan, guru dapat memilih kata hubung yang paling tepat.
2.6 Menulis kalimat dan
penggunaan ejaan
2.6.1 disajikan sebuah kalimat yang salah beberapa ejaannya, guru
dapat memilih kalimat yang ejaannya benar
2.6.2 Disajikan kalimat yang tidak efektif, guru dapat menentukan
kalimat efektifnya
3. Memahami
wacana
nonsastra
3.1 Memahami berbagai
teks
3.1.1 Disajikan sebuah paragraf, guru dapat memilih kalimat topik
yang tepat.
3.1.2 Disajikan sebuah paragraf, guru dapat memilih kalimat penjelas
yang tidak mendukung isi paragraf.
3.1.3 Disajikan sebuah paragraf, guru dapat memilih ide pokok yang
tepat.
3.1.4 Disajikan satu penggalan teks, guru dapat menentukan makna
kalimat yang selaras dengan teks (secara tersirat).
3.2 Menyimpulkan dan
merangkum isi suatu teks
3.2.1 Disajikan satu penggalan teks, guru dapat memilih simpulan
yang cocok dengan isi teks.
3.2.2 Disajikan satu penggalan teks, guru dapat menentukan
rangkuman yang relevan dengan isi teks.
3.3 Membedakan antara
fakta dan opini dalam teks
3.3.1 Disajikan sebuah teks, guru dapat memilih fakta yang terdapat
dalam teks secara benar.
3.3.2Disajikan sebuah teks, guru dapat memilih opini yang terdapat
dalam teks secara benar.
3.4 Mengubah sajian
grafik, tabel, atau bagan
menjadi uraian
3.4.1 Disajikan sebuah tabel, guru dapat menentukan simpulan isi tabel
secara benar.
3.4.2 Disajikan sebuah diagram, guru dapat menentukan simpulan isi
tabel secara benar.
4. Membacakan
dan
membawakan
karya sastra
4.1 Membacakan cerita
pendek atau novel
4.1.1 Berdasarkan kutipan cerpen atau novel, guru dapat
menyimpulkan cara bercerita dengan memperhatikan lafal,
intonasi, dan ekspresi
4.2 Membacakan puisi 4.2.1 Berdasarkan kutipan puisi, guru dapat menyimpulkan cara
membaca puisi dengan memperhatikan lafal, intonasi, dan
ekspresi
4.3 Membawakan atau 4.3.1 Berdasarkan kutipan dialog drama, guru dapat menyimpulkan
Kisi-Kisi Bahasa Indonesia
3
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
memerankan drama cara memerankan drama dengan memperhatikan lafal, intonasi,
ekspresi, dan lakuan
5. Memahami
ragam teks
sastra
5.1 Memahami unsurunsur
puisi lama dan baru
5.1.1 Guru dapat menyimpulkan pesan puisi dengan tepat, berdasarkan
kutipan puisi yang sajikan.
5.1.2 Guru dapat menyimpulkan tema puisi dengan tepat, berdasarkan
kutipan puisi yang sajikan
5.1.3 Guru dapat melengkapi puisi dengan mempertimbangkan rima
berdasarkan kutipan puisi yang dirumpangkan
5.1.4 Guru dapat melengkapi puisi dengan pilihan dan makna kata
yang tepat, berdasarkan kutipan puisi yang dirumpangkan
5.1.5 Guru dapat menentukan makna puisi dengan tepat, berdasarkan
kutipan puisi yang sajikan
5.1.6 Guru dapat melengkapi puisi dengan mempertimbangkan majas
yang tepat, berdasarkan kutipan puisi yang dirumpangkan
5.1.7 Guru dapat menentukan pencitraan dengan tepat, berdasarkan
kutipan puisi yang sajikan
5.2 Memahami unsurunsur
cerita pendek atau
novel
5.2.1 Guru dapat menyimpulkan tema cerita pendek atau novel
dengan tepat berdasarkan kutipan yang disediakan.
5.2.2 Guru dapat menganalisis watak tokoh dengan tepat berdasarkan
kutipan cerpen atau novel yang disediakan.
5.2.3 Guru dapat menentukan latar cerita pendek atau novel dengan
tepat berdasarkan kutipan yang disediakan.
5.2.4 Guru dapat menentukan sudut pandang cerita pendek atau
novel dengan tepat berdasarkan kutipan yang disediakan.
5.2.5 Guru dapat menentukan alur cerita pendek atau novel dengan
tepat berdasarkan kutipan yang disediakan.
5.2.6 Guru dapat menentukan pesan cerita pendek atau novel dengan
tepat berdasarkan kutipan yang disediakan.
5.3 Memahami unsurunsur
drama
5.3.1 Guru dapat menentukan alur drama, berdasarkan kutipan dialog
drama yang disajikan.
5.3.2 Guru dapat menentukan pesan drama, berdasarkan kutipan
dialog drama yang disajikan.
5.3.3 Guru dapat menentukan tema drama, berdasarkan kutipan
dialog drama yang disajikan.
5.3.4 Guru dapat menentukan latar drama, berdasarkan kutipan
dialog drama yang disajikan tokoh.
6. Mengekspresikan
pikiran,
perasaan, dan
pengalaman
melalui karya
sastra
6.1 Menulis pantun
sesuai dengan syarat
pantun
6.1.1 Disajikan sebuah pantun, guru dapat memilih dengan tepat
pantun yang sejenis.
6.1.2 Guru dapat melengkapi pantun dengan tepat berdasarkan isi
atau sampiran pantun yang disajikan.
6.1.3 Guru dapat melengkapi pantun dengan rima yang tepat dari
pantun yang dirumpangkan.
6.2 Menulis dongeng 6.2.1 Guru dapat menyusun kembali dongeng dengan urutan yang
tepat berdasarkan kutipan dongeng yang kalimat-kalimatnya
diacak.
6.2.2 Guru dapat melengkapi dongeng dengan latar yang tepat
berdasarkan kutipan dongeng yang dirumpangkan.
6.2.3 Guru dapat menentukan tokoh dongeng dengan tepat
berdasarkan dongeng yang dirumpangkan.
6.3 Menulis puisi bebas 6.3.1 Guru mampu menyusun kembali puisi dengan isi yang tepat
Kisi-Kisi Bahasa Indonesia
4
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
berdasarkan kutipan puisi yang larik-lariknya diacak
6.3.2 Guru mampu menyusun rima dan isi puisi yang tepat
berdasarkan kutipan puisi yang dirumpangkan.
6.4 Menulis drama 6.4.1 Guru menyusun dialog drama dengan tepat, berdasarkan
ilustrasi yang disajikan
6.4.2 Guru melengkapi keterangan lakuan drama, berdasarkan dialog
yang disajikan
6.5 Menulis cerpen 6.5.1 Guru dapat menyusun kembali alur cerpen dengan urutan yang
tepat berdasarkan kutipan cerpen yang kalimat-kalimatnya
diacak.
6.5.2 Guru dapat melengkapi cerpen dengan latar yang tepat
berdasarkan kutipan cerpen yang dirumpangkan.
6.5.3 Guru dapat menentukan tokoh cerpen dengan tepat
berdasarkan cerpen yang dirumpangkan.
6.6 Menulis kritik dan esai 6.6.1 Berdasarkan ilustrasi yang diberikan, guru dapat menulis isi kritik
6.6.2 Guru bisa memilih tulisan kritik yang bahasanya santun
7. Memiliki
Kompetensi.
Pedagogis
Pembela-jaran
Bahasa
Indonesia
7. 1 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
mengevaluasi
pembelajaran
menyimak yang
mendidik
7.1.1 Setelah disajikan sebuah KD “menyimak” guru dapat memilih
indikator yang tepat
7.1.2 Disajikan KD “menyimak” guru dapat memilih rancangan materi
pembelajaran yang tepat
7.1.3 Disajikan rancangan pembelajaran dengan KD “menyimak” guru
dapat memilih media yang tepat
7.1.4 Guru dapat memilih jenis evaluasi pembelajaran menyimak
dengan KD “menyimak”
7.1.5 Disajikan situasi penilaian pembelajaran menyimak dengan KD
“menyimak” guru dapat memilih jenis pertanyaan yang sesuai
dengan prinsip pembelajaran BI yang mendidik
7.2 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
mengevaluasi
pembelajaran berbicara
yg mendidik
7.2.1 Guru dapat memilih materi yang sesuai dengan KD “berbicara”
7.2.2 Disajikan sebuah metode pelaksanaan pembelajaran yang sesuai
dengan KD “berbicara” guru dapat memperbaiki langkah
pembelajaran yang kurang tepat.
7.2.3 Setelah disajikan KD ”berbicara” guru dapat memilih jenis tes
yang tepat
7.3 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
mengevaluasi
pembelajaran membaca
yg mendidik
7.3.1 Disajikan sebuah KD “membaca” guru dapat memilih indikator
yang sesuai dengan KD tersebut.
7.3.2 Disajikan KD “membaca“ guru dapat memilih metode yang tepat.
7.3.3 Disajikan konteks pelaksanaan pembelajaran membaca dengan
KD “tertentu” guru dapat memilih media yang tepat.
Kisi-Kisi Bahasa Indonesia
5
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
7.4 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
mengevaluasi
pembelajaran menulis yg
mendidik
7.4.1 Setelah disajikan KD “menulis” guru dapat memilih indikator
yang tepat
7.4.2 Disajikan KD ”menulis” guru dapat memilih materi
pembelajaran yang tepat
7.4.3 Disajikan sebuah konteks metode pembelajaran menulis guru
dapat menentukan KD yang sesuai dengan rancangan metode
tersebut.
7.4.4 Disajikan gambar-gambar media pembelajaran menulis guru
dapat menentukan KD yang sesuai dengan rancangan media
tersebut.
7.4.5 Disajikan konteks pembelajaran menulis dengan KD “tertentu”
guru dapat memilih metode dan merancang pelaksanaan
pembelajaran dengan benar.
8. Memiliki
Kompetensi
Pedagogis
Pembelajaran
Sastra Indonesia
(puisi, prosa
fiksi, drama)
8.1 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
mengevaluasi
pembelajaran menyimak
unsur dan nilai karya
sastra yang mendidik
8.1.1 Disajikan KD “menyimak sastra” guru dapat memilih materi yang
tepat.
8.1.2 Disajikan KD “menyimak sastra” guru dapat menentukan teknik
evaluasi yang tepat
8.1.3 Disajikan KD “menyimak sastra” guru dapat menentukan jenis
penilaian yang tepat.
8.2 Menyusun RPP,
melaksanaka, dan
mengevaluasi
pembelajaran berbicara
unsur dan nilai karya
sastra yang mendidik
8.2.1 Disajikan sebuah konteks pembelajaran berbicara sastra dengan
KD ”tertentu” guru dapat menilai materi yang tepat.
8.2.2 Disajikan konteks pembelajaran berbicara sastra dengan KD
“tertentu” guru dapat menganalisis rancangan pembelajaran
yang sesuai dengan KD tersebut.
8.2.3 Disajikan KD “berbicara sastra” guru dapat memilih media yang
tepat
8.2.4 Disajikan sebuah kriteria penilaian “berbicara sastra” guru dapat
menilai ketepatan criteria tersebut.
8.3 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
mengevaluasi
pembelajaran membaca
unsur dan nilai karya
sastra yang mendidik
8.3.1 Disajikan sebuah KD “tertentu” guru dapat menentukan
sumber belajar yang tepat.
8.3.2 Disajikan KD ”membaca sastra”. Guru dapat memilih materi yang
tepat.
8.3.3 Disajikan KD “Membaca sastra” guru dapat memilih materi yang
tepat
8.4 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
8.4.1 Disajikan indikator pembelajaran guru dapat memilih KD
“menulis sastra” yang tepat untuk indikator tersebut
Kisi-Kisi Bahasa Indonesia
6
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
mengevaluasi
pembelajaran menulis
kreatif karya sastra yang
mendidik
8.4.2 Disajikan KD “menulis sastra “ guru dapat memilih rancangan
pembelajaran yang tepat
8.4.3 Disajikan KD ”menulis sastra” guru dapat memilih media yang
tepat
8.4.4 Disajikan tabel penilaian dengan KD “menulis sastra” guru dapat
menentukan alat penilaian yang kurang tepat
Download Kisi-Kisi Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Bahasa Indonesia Tahun 2012
0 comments:
Post a Comment