Friday, June 29, 2012

Download Kisi-Kisi Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Bahasa Inggris Tahun 2012

Download Kisi-Kisi Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Bahasa Inggris Tahun 2012


Kisi-Kisi Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Bahasa Inggris Tahun 2012
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Jenjang : SMP/SMA
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru
Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
KOMPETENSI PROFESIONAL
1. Memahami
makna dalam
teks tertulis
Memahami makna
dalam teks fungsional
pendek tertulis
Diberi teks tertulis fungsional pendek
berbentuk announcement, guru dapat
menentukan:
a. gambaran umum
b. informasi tertentu
c. informasi rinci tersurat
d. informasi rinci tersirat
e. makna kata
2. Diberi teks tertulis fungsional pendek
berbentuk letter, memo, guru dapat
menentukan:
a. gambaran umum
b. informasi tertentu
c. makna kata
d. tujuan komunikatif teks tersebut
3. Diberi teks tertulis fungsional pendek
berbentuk advertisemnent/ brochure, guru
dapat menentukan:
a. gambaran umum
b. informasi tertentu
c. makna kata
d. tujuan komunikatif dari teks
4. Memahami makna
teks tertulis berupa
esesi dalam berbagai
genre yang digunakan
dalam kehidupan
nyata sehari-hari
Diberi teks tertulis fungsional pendek
berbentuk narrative, guru dapat menentukan:
a. gambaran umum,
b. informasi tertentu,
c. informasi rinci tersurat,
d. pikiran utama paragraf tertentu,
e. pesan moral,
f. tujuan komunikatif,
g. informasi tersirat,
h. rujukan kata
5. Diberi teks tertulis fungsional pendek
berbentuk news item, guru dapat
menentukan:
a. gambaran umum,
b. informasi tertentu,
c. informasi rinci tersurat,
Kisi-Kisi Bahasa Inggris
2
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru
Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
d. makna kata
6. Diberi teks tertulis fungsional pendek
berbentuk recount, guru dapat menentukan:
a. gambaran umum,
b. informasi tertentu,
c. informasi rinci tersurat,
d. pikiran utama,
e. makna kata,
f. informasi tertentu
7. Diberi teks tertulis fungsional pendek
berbentuk report, guru dapat menentukan:
a. gambaran umum,
b. informasi tertentu,
c. tujuan komunikatif,
d. informasi rinci
8. Diberi teks tertulis fungsional pendek
berbentuk descriptive, guru dapat
menentukan:
a. gambaran umum,
b. makna kata,
c. informasi rinci tersurat
9. Diberi teks tertulis fungsional pendek
berbentuk exposition, guru dapat
menentukan:
a. gambaran umum,
b. informasi tertentu,
c. tujuan komunikatif,
d. informasi rinci,
e. makna kata
10. Diberi teks tertulis fungsional pendek
berbentuk discussion, guru dapat
menentukan:
a. gambaran umum,
b. informasi rinci tersurat,
c. informasi tertentu,
d. makna kata,
e. informasi tersirat
11. Diberi teks tertulis fungsional pendek
berbentuk hortatory, guru dapat menentukan:
a. gambaran umum,
b. informasi spesifik,
c. rujukan kata
Kisi-Kisi Bahasa Inggris
3
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru
Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
12. Mengungkapkan
makna dalam
teks tertulis
Mengungkapkan
makna dalam teks
tertulis berbentuk
kalimat
Diberi beberapa kata acak, guru dapat
menyusun kata-kata acak tersebut menjadi
kalimat yang benar dan logis
13. Mengungkapkan
makna dalam teks
tertulis berbentuk
paragraf
Diberi beberapa kalimat acak, guru dapat
menyusun kalimat-kalimat acak tersebut
menjadi paragraf yang padu dan logis
14. Memahami unsur
language features
dalam konteks
Diberi sebuah teks rumpang, guru dapat
melengkapi teks tersebut dengan 5 kata yang
tepat
15. Diberi sebuah teks rumpang, guru dapat
melengkapi teks tersebut dengan 3 kalimat
yang tepat
16. Diberi sebuah teks, guru dapat menentukan
makna salah satu kata dalam kalimat pada
teks tersebut, yaitu:
a. makna kata kontekstual
b. definisi kata,
c. konotasi,
d. antonim,
e. denotasi,
f. sinonim,
17. Diberi beberapa kalimat dengan tanda baca
dan ejaan yang salah, guru dapat menentukan
satu kalimat yang menggunakan tanda baca
dan ejaan yang benar
18. Diberi situasi penggunaan bahasa tertentu,
guru dapat menentukan penggunaan ragam
bahasa dengan kepantasan, kesopanan, dan
atau ragam fomal/ informal
KOMPETENSI PEDAGOGIK
19. 1.1.1 Diberi jenis karakteristik peserta didik dalam
pembelajaran (bahasa Inggris), guru dapat
mengidentifikasikannya dengan benar.
1.2.1 Diberi kasus peserta didik dengan potensi
tertentu dalam pembelajaran bahasa
Inggris, guru dapat mengidentifikasikannya
dengan benar.
1.3.1 Diberi suatu topik pembelajaran bahasa
Inggris untuk pembelajaran teks tertentu,
guru dapat menentukan bekal-ajar awal
peserta didik yang diperlukan.
Kisi-Kisi Bahasa Inggris
4
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru
Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
1.4.1 Diberi contoh tulisan siswa yang
mengandung kesalahan tertentu, guru dapat
menentukan kesulitan peserta didik dalam
mempelajari keterampilan berbahasa
Inggris.
2.1.1 Diberi ciri-ciri teori belajar tertentu dalam
pembelajaran bahasa Inggris, guru dapat
menentukan teori belajar yang dimaksud.
2.2.1 Diberikan suatu rumusan KD, indikator atau
tujuan pembelajaran bahasa Inggris
tertentu, guru dapat menentukan
pendekatan, strategi, metode, atau teknik
pembelajaran.
3.1.1 Diberi pertanyaan tentang prinsip
pengembangan kurikulum, guru dapat
menentukan pilihan yang bukan termasuk
prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
3.2.1 Diberi suatu rumusan indikator pencapaian
suatu KD pembelajaran bahasa Inggris
tertentu, guru dapat menentukan rumusan
tujuan pembelajaran yang sesuai.
3.3.1 Diberi suatu rumusan tujuan pembelajaran
bahasa Inggris tertentu, guru dapat
menentukan pengalaman belajar yang
sesuai untuk mencapai tujuan tersebut.
3.4.1 Diberi suatu rumusan tujuan dan
pengalaman belajar bahasa Inggris tertentu,
guru dapat menentukan materi
pembelajaran yang sesuai.
3.5.1 Diberi suatu deskripsi pendekatan yang
dipilih dan karakteristik pembelajar bahasa
Inggris, guru dapat menentukan rancangan
materi pembelajaran yang benar dan sesuai.
3.6.1 Diberi suatu rumusan indikator pencapaian
suatu KD atau tujuan pembelajaran bahasa
Inggris tertentu, guru dapat menentukan
teknik dan instrumen penilaian yang
dikembangkan.
4.1.1 Diberi pertanyaan tentang prinsip rancangan
pembelajaran, guru dapat menentukan
pilihan yang bukan termasuk prinsip-prinsip
rancangan pembelajaran.
4.2.1 Diberi deskripsi suatu komponen RPP, guru
dapat menentukan pilihan yang
menggambarkan pengembangan komponen
tersebut.
4.5.1 Diberikan deskripsi karakteristik
pembelajaran bahasa Inggris, guru dapat
menentukan pilihan media yang tepat sesuai
Kisi-Kisi Bahasa Inggris
5
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru
Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
dengan materi atau topik yang menjadi
pokok bahasan
4.6.1 Diberi suatu kasus pembelajaran bahasa
Inggris, guru dapat menentukan keputusan
transaksional yang tepat sesuai dengan
masalahnya.
5.1.1 Diberi deskripsi kegiatan pembelajaran
keterampilan bahasa Inggris, guru dapat
menentukan pilihan teknologi informasi dan
komunikasi yang sesuai.
6.2.1 Diberikan deskripsi karakteristik pembelajar
bahasa Inggris tertentu, guru dapat
menentukan pilihan kegiatan pembelajaran
yang dapat mendorong terjadinya
aktualisasi potensi dan kreativitasnya.
7.1.1 Diberi deskripsi suatu situasi pembelajaran
bahasa Inggris tertentu, guru dapat
menentukan pilihan ungkapan (classroom
language) yang efektif, empatik, dan santun
yang sesuai dengan situasi pembelajaran
tersebut.
8.1.1 Ditanyakan karakteristik tes bahasa yang
baik, guru dapat menentukan pilihan ciri-ciri
tes yang baik.
8.2.1 Ditanyakan aspek-aspek yang perlu
dievaluasi dalam suatu kegiatan
pembelajaran (misalnya Group Discussion),
guru dapat menentukan aspek-aspek proses
yang penting untuk dinilai.
8.6.1 Diberi paparan data hasil penilaian proses
dan hasil pembelajaran bahasa Inggris, guru
dapat menentukan manfaat paparan untuk
menentukan tujuan tertentu.
10.3.1Diberi deskripsi kasus dalam suatu
pembelajaran bahasa Inggris, guru dapat
menentukan rumusan judul PTK yang paling
sesuai
Download Kisi-Kisi Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Bahasa Inggris Tahun 2012

0 comments: