Monday, June 11, 2012

Apa Efek Buruk Penggunaan Komputer bagi Anak

Apa Efek Buruk Penggunaan Komputer bagi Anak


Abad keduapuluh dikenal akan kemajuan teknisnya dalam bidang transportasi, komunikasi dan banyak lagi. Diantara semuanya kemajuan yang paling luar biasa adalah perkembangan teknologi komputer, yang sekarang merupakan bagian penting dalam hidup masyarakat modern. Menurut kamus Oxford, komputer adalah mesin elektronis yang dapat menyimpan, mengatur dan mencari informasi, melakukan perhitungan dan mengendalikan mesin yang lain. Pada masa ini, komputer adalah teknologi maju yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Apa Efek Buruk Penggunaan Komputer bagi Anak

Komputer tidak hanya dikenal oleh orang dewasa tapi juga anak-anak. Adalah sebuah fakta bahwa banyak anak menggunakan komputer di sekolah dan rumah pada tahun-tahun belakangan ini. Tapi, sama seperti jenis inovasi yang lain di dunia ini, komputer juga memiliki efek baik dan buruk di lain sisi untuk anak-anak khususnya. Dengan menggunakan komputer, anak-anak akan memiliki banyak kesempatan untuk belajar dan mendapatkan banyak informasi yang berguna dan berarti selama masa pendidikan mereka.

Anak-anak mampu menyelesaikan pekerjaan rumah mereka dengan cepat melalui pencarian internet. Sebagai tambahan, mereka dapat mendiskusikan soal sekolah dan banyak jenis mata pelajaran dengan teman sekolah mereka diluar jam sekolah melalui jaringan sosial. Lebih jauh lagi, anak-anak mampu mengembangkan bakat khusus mereka, sebagai contoh mereka akan menjadi lebih kreatif sejak tersedianya program komputer yang menyediakan perangkat dan memberikan instruksi untuk mereka tentang bagaimana cara menggambar dan membuat proyek seni yang disebut Paint dan masih banyak lagi.

Tapi banyak anak, bukannya menggunakan komputer untuk membangun dan mengembangkan diri mereka secara intelektual, malah lebih banyak menggunakannya untuk tujuan hiburan dan bermain game. Sejak ada banyaknya jumlah anak yang menghabiskan waktu mereka menatap komputer, bermain game komputer dan menjelajahi internet, adalah sebuah keharusan bagi para orang tua untuk lebih memperhatikan pertumbuhan anak mereka.

Dari sudut pandang kesehatan, anak yang berkonsentrasi pada komputer untuk waktu yang lama akan menemukan mata mereka mudah lelah dan bahkan akan menyebabkan masalah pada mata mereka, lebih tepatnya rabun dekat. Adalah merupakan fakta umum bahwa seorang penggila game, khususnya game online, akan menimbulkan beberapa konsekuensi yang berbahaya. Sebagai tambahan, remaja yang memainkan game tanpa istirahat, akan menderita depresi kesehatan. Secara psikologis, bagi anak yang terlalu sering memainkan game komputer akan mengalami kesulitan berkomunikasi dan bergaul karena mereka kurang memiliki waktu berkualitas dengan keluarga dan teman-teman mereka di dunia nyata.

Kesimpulannya, walaupun tidak dapat diingkari bahwa komputer adalah bagian penting dalam kehidupan manusia, masyarakat modern khususnya hari ini, tapi masih tetap memiliki sisi buruknya, khususnya bagi anak-anak jika digunakan secara tidak sehat. Orang tua dan guru perlu membimbing mereka untuk menggunakannya secara sehat.

Orang tua dan guru secara khusus memiliki kewenangan untuk menyusun aturan bagi anak untuk menyeimbangkan waktu dan tujuan penggunaan komputer. Bimbing mereka untuk memiliki masa kanak-kanak yang normal dengan berbagai kegiatan seperti olahraga dan bela diri daripada menghabiskan berjam-jam waktu mereka di depan layar komputer memainkan Wolrd of War Craft. sumber : kompasiana

0 comments: